Saturday 7 April 2012

Cerita rihlah ke Pulau Untung Jawa, Kep. Seribu DKI Jakarta

Rihlah ke Pulau Untung Jawa, Kep. Seribu, Jakarta-Indonesia Slideshow: Ryu’s trip to Jakarta was created with TripAdvisor TripWow!
Alhamdulillah Rihlah ke Pulau Untung Jawa, Kep. Seribu DKI Jakarta

Sebelum memutuskan pergi, kami (saya dan teman2) sudah mengadakan briefing terlebih dahulu jauh-jauh hari. Dikarenakan kesibukan dan lain sebagainya..dari tahun kemarin rencana rihlah ini tidak juga terlaksana. dengan Alasan dana belum terkumpul, lokasi rihlah jangan terlalu jauh, jangan diluar kota dan lain sebagainya. Alhamdulillah 'ala kulli hal kami dapat mengadakannya.

Karena kami tau didalam organisasi, baik itu kelompok atau individu pasti pernah mengalami kejenuhan. dan butuh refreshing, untuk apa ? untuk penyemangat amal jama'i. untuk itulah rihlah ini diadakan untuk menyatukan kembali ukhuwah, silaturahim dan penyemangat kerja dakwah.
didalam rihlah nanti 7an-nya Tafakur alam, dengerin taujih ustadz, games (outbound), ramah tamah dan acara bebas.

Allahu Akbar...

Saat Rapat :
Kami mencari channel tempat rihlah yang murah, tidak jauh, masih jakarta dan cukup dana. Karena acara rihlah ini tidak dipungut biaya dan ada donatur yang memberikan dananya. alhamdulillah...^_^

Tempat Rihlah, hmm apa yaa..??
teman2 masih merekomendasikan : "taman Mini ?? "
teriak salah satu didalam rapat "boseenn"..,
satu lagi "Ancol"...."tahun lalu pernah",
rekomendasi berikutnya "Ragunan murah tuh??..."waduh itu mah sering"...
Apalagi ya ???
- Hobi-hobi (http://infohobihobi.blogspot.com/ outbound Pondok Gede) hasil browsing. "terlalu jauh"
rekomendasi terakhir ke Kep. Seribu aja ?? Pulau Untung Jawa dan Onrust.
"wah boleh tuh kita belum pernah kesana??, menantang",tapi teman yang lain bilang "waduh saya takut mabuk laut dll" aduh kasihan juga pikirku... dibujuklah temanku itu untuk mau ikut
"insya Allah nggak kok cuma sebentar saja menyebrang ke pulau cuma 25 menit saja" hehehe..padahal lama juga yaa...

Dan dibuatlah voting (suara terbanyak) mau kemananya ??
Akhirnya pilihan rihlah jatuh ke Kep. Seribu Pulau Untung Jawa.
Panitia terbentuk, Penanggung Jawab, Ketua, Sek, Bendahara, Sie. Acara, Sie, Perlengkapan, Sie. Konsumsi, Sie. Transportasi, Sie. K3, dan Sie. Humas. Hmm Mantap kan lengkap banget panitianya..

Sebelum hari keberangkatan masing-masing sie sibuk dengan tugas2nya, sebelumnya yang handle adalah pak penanggung jawab hehe.. semangat pak dan ada Tim Advance yang akan pergi survey duluan kesana.

Taraaa....oleh2 dari Tim Advance (sebuah Brosur)

Brosur cafe di Pulau Untung Jawa

Brosur cafe hal.2
dan hasil dari tim advance :
- Perjalanan dari Jakarta ke Tanggerang (Tanjung Pasir) sekitar 1 jam
- Biaya masuk per Orang ke tanjung Pasir Rp. 2000, motor Rp. 10.000, mobil/minibus Rp. 15.000
- Penyebrangan ke Tj. Pasir ke Pulau Untung Jawa sekitar 25 Menit, Biayanya sekali penyebrangan Rp. 10.000, (kalo PP Rp. 20.000/Orang)
Peta penyebrangan dari Tj, Pasir tanggerang ke Pulau Untung jawa
- Biaya masuk ke Area Pulau Untung Jawa. Rp. 2500/Orang



Pulaunya tidaklah terlalu besar, tapi yang menjadi berkesan adalah perjalanannya yang menantang, menyebrangi laut, angin sejuk diatas kapal motor, dan air lautnya.

Peta Pulau Untung

Setelah di survey barulah kita merincikan anggaran yang akan dikeluarkan. Alhamdulillah rinciannya bisa untuk 30 orang.

Hari H :
Pengecekkan Perlengkapan :
Konsumsi (ok), Transportasi (ok), Perlengkapan (ok), Absensi (ok), dan lain-lain.

Sebelum menaiki kendaraan, panitia mengabsensi peserta, membagikan konsumsi dan memberikan selembaran Doa Lihat di Link ini : (http://ryustik.blogspot.com/2012/03/amalan-yang-dilakukan-saat-safar.html).

Dengan mengucap Bismillah dan doa ("Bismillaah, Alhamdulillaahi {Subhaanalladzii sakhkharalanaa hadzaa wamaa kunnaa lahu muqriniina, wainnaa ilaa Rabbinaa lamunqalibuu"). Bis-pun siap melaju ke Tanjung Pasir Tanggerang, bis ini kita sewa untuk PP (Pulang Pergi), dengan kapasitas Sit/bangku 27, ber-Ac dengan biaya sewa 1.300.000.

Diperjalanan peserta ada yang ngobrol, menikmati suasana jakarta (lihat mobil dan gedung saja sih, hehehe), dan diselingi lagu nasyid Bingkai Kehidupan (http://ryustik.blogspot.com/2012/04/lirik-nasyid-bingkai-kehidupan.html), mars pk.Dan Panitia acara membuat games saat diperjalanan dengan memberikan sebuah kertas untuk masing2 peserta menuliskan surat cinta untuk saudaranya. Dan jika sudah selesai akan dibacakan. (tapi kenyataannya tidak selesai juga saat sampai di tanjung pasir)
Tak terasa perjalanan kami pun sudah hampir sampai kurang lebih satu jam perjalanan dengan melewati bandara Soeta (Soekarno-Hatta), gak jauh dari situ kita sudah memasuki area tanjung pasir Tgr. Kalo kita mau "ngeteng" juga bisa loh kata temanku, kita bisa naik "busway" ke arah kali deres, kebon jerus jakarta barat dilanjutkan naik angkot 2 kali untuk sampai ke tanjung pasir ini. (hmmm....lumayan tuh) tapi kalo banyak yang ikut sebaiknya sewa mobil/bus saja biar bisa irit.

-sampai di tanjung pasir-
Bayar biaya masuk per Kepala Rp. 2000. mobil/bis Rp. 15.000 (untuk masuk dan parkirnya).
cari KM (Kapal Motor), nego biaya penyebrangan (biasanya Rp. 10.000/orng sekali nyebrang, PP Rp.20.000/org), karena kita banyak yang ikut jadi agak sedikit miring harganya.

Saat menaiki kapal kita pun berdoa dengan membaca doa "Bismillahi majreehaa wamursaahaa, inna robbii laghofuururrohiim : Dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya". Aamiin
Dikapal aq yakin tidak akan terasa mual, lama-lama pusing juga, karena lamanya perjalannan KM 25 menit dan matahari yang cerah Subhanallah...

-sampai di Pulau Untung Jawa Kep. Seribu DKI Jakarta-
Alhamdulillah...sampai juga kami di P. Untung Jawa..
Rihlah ke P. Untung Jawa. Kep. Seribu
Walaupun di pulau ini kecil lingkupnya (hanya pantai, hutan bakau, dan taman), tidak sebagus apa yang dibilang teman-teman yang pernah ke pulau tidung yang terkenal Snorklingnya (menikmati keindahan bawah lautnya).

Tapi kami disini senang, Alhamdulillah ^_^...bisa terhindar dari kepadatan pengunjung ditempat rekreasi, kebisingan mobil2 jakarta dan polusinya MasyaAllah..




Pulau untung jawa ini mayoritas muslim. lihat saja di sepanjang jalan terpampang Asmaul husna "Subhanallah"


Memasuki pintu masuk area Pulau Untung Jawa.
Bayar lagi nih sebesar Rp. 2500/org


 Area Pulau Untung Jawa


Saatnya mencari tempat berteduh yang nyaman.
ini dia .....tempatnya yg kita pakai -panggung bahari-...


Lokasi sudah ada untuk tempat kita memulai acara, selanjutnya siap2 untuk menggelar tikar dan terpal putih yang kita bawa. Tau gak, ada kendala!! terpal yang kita bawa ternyata kotor, jadinya di cuci dulu deh di laut...hehe...(*kesalahan teknis..lupa diperiksa terlebih dahulu terpalnya). kemudian dijemur dan di Lap segera oleh teman2 kami.


Setelah sudah kering barulah acara kami dimulai, dengan menggelar terpal yang sudah dicuci tadi...hehehe..

Dengan Pembukaan mengucap Basmallah, Hamdallah dan Sholawat, dan dilanjutkan Tilawah Pembacaan ayat Suci Al-Qur'an (oleh salah satu teman kami ada yang sudah Hafidz Qur'an 30 Juz) Subhanallah...(Iri tingkat tinggi..)


Dilanjutkan Taujih oleh Ustadz tentang "Penyemangat Dakwah", intinya perbaiki kualitas ruhiyah kita, tingkatkan ibadah2 kita (sholat malam/Ql, Tilawah harian qt, ibadah2 sunnah lainnya), dan pererat tali ukhuwah.Allahu Akbar..

Kemudian setelah Taujih dilanjutkan games oleh panitia Acara..
tapi sebelumnya panitia acara ternyata ketinggalan peralatan games semuanya :( , akhirnya dengan kreatif-nya carilah peralatan games yang ada disana...(seperti sedotan dan karet) tapi games yang dibuat dalam acara ini adalah dadakan semua..
Padahal sebelumnya sudah dirancang gamesnya jauh-jauh hari. karena itu tadi tertinggal didalam bis.. tapi salut kok sama tim acara..keren gak membuat kami Jenuh...

Games 1 (ma'rifah):
- Melanjutkan membuat surat cinta kepada saudaranya
- Menuliskan Hal yang disukai dan hal yang tidak disukai dan warna kesukaan.
- Selanjutnya pada kertas yang sama menuliskan pertanyaan, seperti dibawah ini dan mengumpukan tanda tangan sebanyak2nya.
(Seperti reporter menanyakan satu persatu teman kami dengan pertanyaan yang sudah dibuatkan panitia acara) dengan waktu yang dibatasi.



Setelah habis waktunya, dibacakan bagi yang sudah terisi penuh tanda tangannya dan sebutkan nama atas tanda tangan yang ada dalam kertas tersebut.

hihihi...aq salah satu yang membacakan games ini, susah juga mengamati tanda tangan temanku, karena tidak tau huruf apa yang mencorat-coret dalam kertasku ini. Dengan menyebutkan si fulanah pernah ditilang, suka coklat dan takut hewan melata dan lain sebagainya.

Hikmah yang didapat kita jadi lebih mengenal saudara kita dari pertanyaan-pertanyaan ini.
ku jadi tau si Fulan dan Fulanah yang pernah jatuh dari pohon....(lucu juga...hehehee...)

Tak terasa jam menunjukkan pukul 12 lebih, dan adzanpun sudah dengan lantangnya berkumandang...
(Allahu Akbar... Allahu Akbar..) kami siap-siap ke acara selanjutnya yaitu ISOMA (istirahat, sholat dan makan).
Sebagian sholat dan sebagian yang lain menunggu bergantian dengan makan terlebih dahulu.


Setelah isoma, dilanjutkan kembali oleh tim acara, games selanjutnya

Games 2 : Acara Tukeran kado, kado seharga min Rp. 10.000 dan dibungkus koran dikumpulkan dari masing-masing peserta. kemudian di nomori masing-masing kado. setelah itu dibuat kertas lagi untuk nomor yang akan diambil oleh peserta. Alhamdulillah Kadonya beragam hehee (ada Buku, Sandal Refleksi, Tempat makan, kacamata, dll) Jazakumullah khairn katsiran



 
Games 3 : Membuat lingkaran besar, antara ikhwan dan akhwat dgn menghitung 1, 2, 1, 2 dan seterusnya sampai yang terakhir dengan bilangan 1 dan 2 saja.
Setelah sampai di akhir, dibentuk kelompok sesuai nomornya masing-masing yaitu kelompok yang nomor 1 dan kelompok nomor. 2. terbentuklah 4 kelompok (2 kelompok akhwat dan 2 kelompok ikhwan),

kemudian membentuk lingkaran kembali masing-masing kelompok dan membentuk simpul tangan yang antara temen yang ada dihadapannya dan membentuk silang. dan permainannya adalah melepas simpul tangan ini hingga membentuk lingkaran kembali yang utuh.


wah disini seru sekali lihat aja ikhwannya, belum bisa-bisa melepaskan simpul tangannya. sedangkan akhwat sudah ada yang berhasil melepaskan simpulnya dengan terbentuk lingkaran kembali. hihihi....
sudah diputar-putar ada yang jongkok, menunduk dan akhirnya berhasil juga..

Games 4 : Sedotan dan Karet...
Masih dengan kelompok yang sama, tim acara menyuruh kami memainkan kerja sama tim, konsentrasi dan tercepat. 

Games 5 : Membuat Yel-Yel kelompok..
Hihihi..disini lucu...kocak abis..
Kelompok 1 ikhwan membuat Yel-yel dengan nada sik-asyik...(wkwkwkwk...parah nama kelompoknya mujahid) yel-yelnya gitu...hehehe
Kelompok 2 tim dengan nama the jak...lebih gokil yel-yelnya (iwap3y3k) atas usul ketuanya,wkwkwkwk...semua ketawa "parah nih..parah nih..." karena gak kompak atas yel-yelnya jadi di 'iqob yel-yelnya gak diterusin ...hehe.....  
Lanjut ke kelompok 3 Akhwat : nama timnya "hamasah" dengan yel-yelnya 
dan yang terakhir Kelompok 4 akhwat : jreng-jreng...nama kelompoknya adalah NUuuraani...dengan yel-yel : 
"Nurani-nurani go, 
nurani-nurani go, 
Nurani" kite gitu loh..."

hehe... do u know about Nurani ?? ^_^

Games 6 : Mencari barang yang dapat dimanfaatkan yang ada disekitar kita.
Kelompok Mujahid (1) : membuat pernak pernik dari sedotan plastik  (spt bunga dll)
Kelompok The jak (2) : membuat alat musik dari botol air mineral yang terisi pasir.
Kelompok Hamasah (3) : membuat mahkota dari sedotan (kreatif nih)
Kelompok Nurani (4) : membuat hiasan meja dari kelapa, yang terisi pasir dan dihias dari kerang dan permen warna-warni yang terbuang di jalanan. good..good..good...

 (sayang gambar kelompok 1 nya gak ada...)

Games 7 : Main ular naga.., membuat kelompok 1 dan kelompok 2 berhadap-hadapan. 
cara permainannya yaitu bagian depan (kepala) bertugas mengambil bagian belakang (Ekor) kelompok musuh. Dengan kejar-kejaran ..(hufftt...capek juga disini, karena harus tenaga ekstra...hehehe)



Games kedelapan atau terakhir : Apa ya nama gamesnya aq gak tau namanya, namain aja deh sendiri.
Cara mainnya Setiap ketua kelompok dipanggil oleh tim acara dikasihlah denah atau lokasi yang akan dilewati nanti, tapi ketua berada dibelakang barisan kelompok, dengan mata masing-masing anggotanya ditutup oleh tangan teman dibelakangnya sampai oleh ketuapun menutup mata didepannya. dengan memberi aba-aba rute jalan "belok kanan" atau "belok kiri" atau "hati-hati ada tangga". 
(wah-wah susah juga disini loh...hampir saja menabrak pohon besar atau terjatuh..hehe)




Alhamdulillah acara games telah selesai..
lagi-lagi hikmah apa yang didapatkan ?? Kerjasama tim harus solid, ada ketua dan anggota harus satu visi.. dan harus mencapai satu tujuan.

Disemua games ada menang dan ada yang kalah, ada kejujuran dan ada kecurangan itu semua hanya kita dan Allah yang Maha Tahu..dan bagaimana kita menyikapinya.

Setelah acara games selesai kita pun masuk ke acara bebas sampai waktu ashar dan pulang.
Ada yang main air kelaut, lihat pemandangan Laut, mentafakuri kebesaranNya, berenang dan naik Banana boat.

Kita akhwat juga penasaran dan ingin mencoba naik banana boats, dipandu oleh bapak pemandu yang membawa speedboatnya. kami berenam menaiki banana boats tersebut dengan pelampung yang sudah dipakai masing-masing. Bismillah, ku dan teman-teman menaikinya dari pantai dan langsung berangkat.
sebelumnya, untuk menaikinya kita tawar-mwnawar dulu dengan bapaknya. dari harga Rp. 25.000/0rg sampai Rp.17.500/org, padahal kata teman kami bisa Rp. 15.000/org.. yah sudah terlanjur kami menawarnya Rp. 17.500/org.


Saat diatas banana, kami membaca doa supaya tidak apa2 saat dijatuhkan. dan sebelum berangkat dikasih instruksi terlebih dahulu oleh bapaknya, jika terjatuh ke laut jangan masukkan kepala kelaut (bisa panik bagi yang tidak bisa berenang) sebaiknya kepala keatas menghadap langit saja dan memegang/menarik pelampung yang ada di badan kami supaya mengambang dilaut. Banana boats yang kami naiki akan memutar sebanyak 3 kali putaran dan di jatuhkan kelaut terserah kepada kita. dan kitapun request sekali atau dua kali saja. karena takut hehehe...

Bismillah...Syuuuuuutttttttttttttttt,.........banana boatsnya melaju kencang..melaju ke tengah laut...kamipun bertakbir sekeras2nya....tiba-tiba Byuuuurrr.....
di jatuhkan ke tengah laut oleh pemandunya...
kitapun langsung memeragakan apa yang sudah diinstruksikan tadi jangan memasukkan kepala kelaut...hehe..tetap saja tidak bisa.

kita yang susah naik kembali ke banana boatsnya, bapak2nya bilang "habis pakaiannya kaya mau dari negeri jiran sih"...hahahaha...parah si Bapak.. kita sekuat tenaga menaiki banana boats dengan menarik tangan teman2 kami menaikinya kembali...

Baru satu kali putaran, kedua kali putaran kami tidak ingin di ceburkan, dan yang terakhir atau yang ke tiga kali putaran kami diceburkan kembali hampir mendekati pantai..hehe...selesai juga nih diceburin kelautnya lagi. ku berusaha berenang sampai menginjakkan pasir kembali.. tapi tidak bisa juga hehe.. Alhasil tarik menarik baju deh dengan temanku sampai ke pantai..Huftt..hufttt..huftt..(seru juga baru merasakan jatuh ke laut, Alhamdulillah)

-Sholat ashar dan Pulang-
Akhirnya kamipun bersih-bersih, sholat dan siap-siap lagi pulang ke DKI Jakarta.. ^_^
dan ditutup dengan penutupan dan Doa.

Sunset di Kep. Seribu
-Alhamdulillah..kamipun tiba dengan selamat sampai kerumah-rumah kami-
Janganlupa untuk selalu berdoa..

8 comments:

  1. wuihh....recommended banget..keren...seru yu !!!

    ReplyDelete
  2. hehe...iy vit, seru bgt. Kalo dirinci 100rb/org, biaya kesana Pulang Pergi dan Makan (sewa mobil).

    ReplyDelete
  3. Subhanallah.... Keyren Bgt yu... ^_^
    Syukron ya 4 infonya Ukh...
    Recomended BGT dan i'am very-very like this... Hehehehhe.. :)

    ReplyDelete
  4. ok phi...kalo mau rencana rihlah hubungi ane yee...ditunggu kabarnya.

    ReplyDelete
  5. susan : Hamasah ,, "AllahuAkbar",, seruu..seruu... gamez seru...banana boet pa lagi,,, next qt ke pulau tidung,,snorkling.. :) Jazakallahu Khoiran katsir.. bwt donatur... jangan bosan2 yaa jadi donatur,,hehhe

    ReplyDelete
  6. @susan : iya insya Allah.. Edelweis juga menanti tuh...siapkan tabungan...hehe

    ReplyDelete
  7. @Nurmayanti : Alhamdulillah...^_^ Syukron mb maya..

    ReplyDelete