Tuesday 15 November 2011

Iman Kepada Malaikat

Catatan Tasqif - Ahad, 13.11.11

oleh. Ustadz Itang Rusmana Lc

1.      Definisi Malaikat

  • Secara Bahasa : Asal kata dalam bahasa arab adalah malakun yang berarti Mengambil sesuatu secara kuat. Jama’ dari malakun adalah malaaikah.
  • Secara Syar’iyyah : makhluk lembut yang diciptakan Allah yang dapat berubah rubah bentuk sesuai dengan yang dikehendaki atas perintah Allah dan bertempat tinggal di langit.

2.      Jenis Iman kepada Malaikat

  • Iman Ijmaa’lihi : Yakin bahwa malaikat itu ada & malaikat itu adalah makhluk Allah. Iman ini sifatnya Fardhu ‘Ain  
  • Iman Tafsiiri : Meyakini tentang nama – nama malaikat, sifat – sifat malaikat, bentuk fisik malaikat, berapa jumlah malaikat sesuai dengan apa yang dijelaskan di dalam Al Qur’an dan Sunnah.

3.      Sifat – sifat malaikat secara Fisik dan Perilaku :

      Sifat-sifat malaikat secara Fisik :
  • Malaikat diciptakan dari Nur / Cahaya
  • Bentuk malaikat : Luar biasa besar, luar biasa kuat, dan gagah.
- QS. At Tahriim (66) : 6


“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”
 -  QS. At Takwiir (81) : 20

Yang mempunyai kekuatan, yang mempunyai kedudukan tinggi di sisi Allah yang mempunyai 'Arsy”

  • Rasulullah  pernah diizinkan Allah untuk melihat bentuk asli malaikat pembawa arys. Sabda beliau,”Jarak antara kedua daun telinga dan pundaknya ditempuh perjalanan 700 tahun (burung terbang). (HR. Abu Daud dengan sanad shahih dan shaihihul jami’, no. 853).
  • Malaikat tidak makan & tidak minum 
QS. Adz Dzaariyaat (51) : 24-28
”Sudahkah sampai kepadamu (Muhammad) cerita tamu Ibrahim (malaikat-malaikat) yang dimuliakan? (Ingatlah) ketika mereka masuk ke tempatnya lalu mengucapkan: "Salaaman", Ibrahim menjawab: "Salaamun" (kamu) adalah orang-orang yang tidak dikenal. Maka dia pergi dengan diam-diam menemui keluarganya, kemudian dibawanya daging anak sapi gemuk (yang dibakar), lalu dihidangkannya kepada mereka. Ibrahim berkata: "Silakan kamu makan". (Tetapi mereka tidak mau makan), karena itu Ibrahim merasa takut terhadap mereka. Mereka berkata: "Janganlah kamu takut," dan mereka memberi kabar gembira kepadanya dengan (kelahiran) seorang anak yang alim (Ishaq).”
  • Malaikat memiliki sayap. QS. Faathir (35) : 1


“Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

  • Tidak berjenis kelamin laki – laki ataupun perempuan.

      Sifat – sifat malaikat secara akhlak / perilaku

  • Makhluk yang terjaga dari maksiat. QS. At Tahriim (66) : 6 
  • Makhluk yang senantiasa taat pada Allah. QS. Al Anbiyaa (21) : 2

“Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya.”
  • Memiliki sifat pemalu.  
Riwayat Nabi : “Tidakkah aku malu pada orang yang malaikat pun malu kepadanya?”
Begitulah jawaban Nabi kepada Aisyah yang bertanya mengapa Beliau bangkit untuk duduk dan merapihkan pakaiannya saat Utsman datang, sebuah perlakuan istimewa padahal sebelumnya Nabi berbaring dalam menyambut Abu Bakar dan Umar bin Khaththab yang lebih dulu bertamu ke rumah Nabi sebelum Utsman.
  • Terganggu/tersiksa ketika mencium yang bau – bau seperti bau bawang.
Riwayat Nabi SAW : “Barangsiapa makan bawang putih atau bawang merah, maka janganlah ia mendekati masjid kami dan hendaklah ia shalat di rumahnya, karena sesungguhnya para malaikat itu juga terganggu dengan apa-apa yang mengganggu manusia” [Al-Bukhari, kitab Adzan 854, Muslim, kitab Al-Masajid 564]

4.      Berapa jumlah malaikat yang Allah ciptakan?? Laa ya’lamuhu illallah.

  • Hadits Bukhari dan Muslim yang diriwayatkan dari Malik bin Sha'sha'ah ra tentang kisah Mi'raj Nabi saw bahwa Allah swt telah memperlihatkan Baitul Makmur di langit kepada Nabi saw. Tempat itu setiap hari didatangi oleh 70.000 Malaikat untuk mengerjakan shalat disana. Setiap kali mereka keluar dari tempat itu, mereka tidak kembali lagi. (HR Bukhari No. 3207,3887, Muslim No. 164 dan Ahmad No. IV/207-208 dari sahabat Malik bin Sha'sha'ah)
  • Neraka Jahannam mempunyai 7 tingkat. Setiap tingkat memiliki 70.000 daerah. Setiap daerah meliputi 70.000 kampung. Setiap kampung mencakup 70.000 rumah.Setiap rumah mempunyai 70.000 bilik. Setiap bilik memiliki 70.000 kotak. Setiap kotak meliputi 70.000 batang pokok zarqum. Di bawah setiap pokok zarqum mempunyai 70.000 ekor ular. Di dalam mulut setiap ular yang panjang 70 hasta mengandung lautan racun yang hitam pekat. Di bawah setiap pokok zarqum juga mempunyai 70.000 rantai. Setiap rantai diseret oleh 70.000 malaikat.
5.      Aktifitas/Kegiatan Malaikat

  • Mengatur urusan. QS. An – Naazi’aat (79) : 1-6


“Demi (malaikat-malaikat) yang mencabut (nyawa) dengan keras, dan (malaikat-malaikat) yang mencabut (nyawa) dengan lemah-lembut, dan (malaikat-malaikat) yang turun dari langit dengan cepat,  dan (malaikat-malaikat) yang mendahului dengan kencang, dan (malaikat-malaikat) yang mengatur urusan (dunia). (Sesungguhnya kamu akan dibangkitkan) pada hari ketika tiupan pertama menggoncangkan alam”
  • Menjaga manusia. QS. Ar Ra'd (13) : 11


”Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia."

  • Memikul ‘Arsy dan Memohon ampun untuk orang-orang yang beriman.

QS. Ghaafir / Al Mu’miin (40) : 7

“(Malaikat-malaikat) yang memikul `Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): "Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang bernyala-nyala,”

  • Menjaga rahim ibu.
Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda :Allah mewakilkan seorang Malaikat utk menjaga rahim. Malaikat itu berkata : Wahai Rabbku! Nuthfah Wahai Rabbku! Segumpal darah wahai Rabbku! Segumpal daging. Maka apabila Allah menghendaki utk menetapkan penciptaannya Malaikat itu berkata : Wahai Rabbku! Laki-laki atau perempuan? Apakah sengsara atau bahagia? Bagaimana dgn rezkinya? Bagaimana ajalnya? Maka ditulis yg demikian dalam perut ibunya. {HR. Bukhari `11/477 - Fathul Bari dan Muslim 2646 riwayat dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu.)
  • Mencatat amal baik  dan buruk. QS. Qaaf (50) : 18
“Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.”

  • Mencari – cari majlis ilmu.

Dalam satu hadits terkait rahmat Allah SWT diterangkan bahwa sesungguhnya Allah SWT memiliki malaikat-malaikat yang berkeliling di muka bumi mencari majelis-majelis ilmu dan majelis-majelis dzikir. Ketika para malaikat duduk di majelis itu, mereka selalu meminta kepada Allah SWT agar Allah SWT mengabulkan semua hajat mereka yang hadir di majelis-majelis tersebut.

  • Berjihad bersama – sama orang beriman. QS. Al Anfaal (8) : 9

(Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu: "Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepadamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut".
  • Menjaga tempat – tempat suci dari Dajjal.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda mengisahkan perkataan Dajjal. "(Dajjal mengatakan) : Tidaklah aku membiarkan suatu daerah kecuali pasti aku singgahi dalam masa empat puluh malam, selain Mekkah dan Thaibah (Madinah)" [HR. Muslim]
  • Malaikat tidak masuk kedalam rumah yang di dalamnya terdapat anjing dan rosm (gambar) dan patung makhluk.
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda (yang artinya) : “ Malaikat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing (2), juga tidak memasuki rumah yang didalamnya terdapat gambar (patung)” (Hadits sahih ditakhrij oleh Imam Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasa'i dan Ibnu Majah yang semuanya dari Abu Thalhah Radhiyallahu 'anhu. Lihat Shahihul-Jami' No. 7262)

  • Penanya di kubur : Malaikat munkar dan nakir

Rasulullah SAW bersabda : Jika mayit atau salah seorang dari kalian telah dikubur, datang dua malaikat, hitam (tubuhnya), biru (kedua matanya), satu dari keduanya bernama Al-Munkar dan yang lain An-Nakir.1 Kedua malaikat bertanya kepada mayit: “Apa yang dulu kamu katakan tentang lelaki ini (yakni Rasulullah)?” Dia pun menyatakan apa yang dulu dia katakan.

  • Meniup sangkakala : Israafil

  • Menjaga Neraka : Malik. QS. Az Zukhruuf (43) : 77
"Mereka berseru: "Hai Malik, biarlah Tuhanmu membunuh kami saja". Dia menjawab: "Kamu akan tetap tinggal (di neraka ini)".              
  • Harut dan Marut. QS. Al Baqorah (2) : 102

"Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh syaitan-syaitan pada masa kerajaan Sulaiman (dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir), padahal Sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir), hanya syaitan-syaitan lah yang kafir (mengerjakan sihir). Mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat di negeri Babil yaitu Harut dan Marut, sedang keduanya tidak mengajarkan (sesuatu) kepada seorangpun sebelum mengatakan: "Sesungguhnya kami hanya cobaan (bagimu), sebab itu janganlah kamu kafir". Maka mereka mempelajari dari kedua malaikat itu apa yang dengan sihir itu, mereka dapat menceraikan antara seorang (suami) dengan isterinya. Dan mereka itu (ahli sihir) tidak memberi mudharat dengan sihirnya kepada seorangpun, kecuali dengan izin Allah. Dan mereka mempelajari sesuatu yang tidak memberi mudharat kepadanya dan tidak memberi manfaat. Demi, sesungguhnya mereka telah meyakini bahwa barangsiapa yang menukarnya (kitab Allah) dengan sihir itu, tiadalah baginya keuntungan di akhirat, dan amat jahatlah perbuatan mereka menjual dirinya dengan sihir, kalau mereka mengetahui"

6.      Dampak iman kepada malaikat

  • Tambah maksimal dan paham untuk beribadah kepada Allah
  • Tidak menjadi terlalu percaya diri (sombong) dengan amalan kita karena ternyata amalan malaikat lebih dahsyat lagi.
  • Usaha lebih maksimal meninggalkan larangan Allah karena merasa ada malaikat yang mengawasi dan malaikat yang keras ketika menyiksa orang yang kafir
  • Mengambil contoh dari profesionalitas yang dimiliki malaikat dan keteraturan yang mereka punya dalam bekerja dan beramal.
Wallahu'alam bish Shawab..
@ ukhti Wiwid syukron ya sudah mengirimkan catatannya ke email..dan sudah ku modifikasi serta diupload.
Semoga catatan ini bermanfaat untuk kita semua..Aaamiin..

1 comment:

  1. Subhanallah .....
    bagus bgt yu... :d
    Jadi ingin masa sekolah dulu pelajaran iman kepada Malaikat... hehhehehhe...

    ReplyDelete